Welcome in Rasyid Blog

Membaca Adalah cara dimana dunia ada pada genggaman anda..
Jadi Teruslah membaca..
Semoga dapat bermanfaat bagi anda..

A-CHIED ANGKOTASAN

Sabtu, 06 Oktober 2012

PERANAN TRANSPORTASI TERHADAP GEOGRAFI


Hurst  (1974) mengemukakan bahwa interaksi antar wilayah tercermin pada keadaan fasilitas transportasi serta aliran orang, barang, maupun jasa.Transportasi merupakan tolok ukur dalam interaksi keruangan antar wilayah dansangat penting peranannya dalam menunjang proses perkembangan suatuwilayah.
 Masa perkembangan transportasi terwujud dalam bentuk bahwa kemajuan alat angkut selalu  mengikuti  dan mendorong  kemajuan  teknologi  transportasi.

Perkembangan ini telah memupus kegelapan dalam kehidupanmanusia yang tidak terjamah oleh kemajuan dalam jangka waktu yang lama.Transportasi dapat memajukan kesejahteraan ekonomi dan masyarakat,menciptakan dan meningkatkan tingkat aksesibilitas dari potensi-potensi sumber alam dan luas pasar. Sumber alam yang semula tidak termanfaatkan akanterjangkau dan dapat diolah.Prasarana transportasi berperan sebagai alat bantu untuk mengarahkanpembangunan dan sebagai prasarana bagi pergerakan manusia dan atau barangakibat adanya kegiatan ekonomi di daerah tersebut.

Sebagai contoh suatu kawasan permukiman baru yang hendak dipasarkan, tidak akan pernah ada peminatnya apabila di lokasi tersebut tidak disediakan prasarana transportasi. Halsenada juga terjadi di kawasan permukiman transmigran. Suatu kawasan permukiman tidak akan dapat berkembang meskipun fasilitas rumah dan sawah sudah siap pakai jika tidak tersedia prasarana transportasi. Hal ini akanmengakibatkan biaya transportasi menjadi sangat tinggi. Jika hal ini dibiarkanterus maka kawasan permukiman transmigran tersebut tidak akan berkembang.
Oleh karena itu, kebijakan yang harus dilakukan adalah menyediakan system prasarana transportasi dengan biaya minimal agar dapat dilalui.Faktor perkembangan wilayah yakni modal, tenaga kerja, perlengkapanSDA dan pasar merupakan kesatuan yang saling berkaitan dan nantinya menghasilkan interaksi dan menciptakan kegiatan ekonomi, social maupun politik.Dalam kegiatan ekonomi transportasi akan berkaitan dengan produktivitas.

            Kemajuan transportasi akan membawa peningkatan mobilitas manusia, mobilitasfaktor-faktor produksi dan mobilitas hasil olahan yang dipasarkan. Makin tinggi mobilitas yang dilakukan maka semakin cepat gerakan distribusi serta lebih singkat waktu yang diperlukan dalam mengolah bahan dan memindahkan nya dari tempat dimana bahan tersebut yang semula kurang bermanfaat ke lokasi dimana manfaatnya lebih besar. Peningkatan produktivitas, karena transportasi ini merupakan  motor utama penggerak  kemajuan ekonomi.

Ekonomi yang berkembang akan ditunjukkan oleh adanya mobilitas yang tinggi, dengan ditunjang transportasi yang memadai dan lancar. Seperti hal nya negara-negara maju, mereka memiliki transportasi yang mendukung dalam setiap aktivitas yang mereka  lakukan. Dengan  transportasi yang baik, akan  memudahkan  terjadinya interaksi antara penduduk lokal dengan dunia luar. Keterisolasian merupakan masalah pertama yang harus ditangani.Transportasi berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan produsen dengan konsumen. Kajian transportasi dan perkembangan wilayah memiliki dimensi persoalan dengan rentang yang luas dan kompleks. Oleh karena itu untuk dapat memahami pola kerja transportasi dan aksesibilitas, dituntut untuk memiliki pandangan yang  luas tidak hanya pada  satu  bidang kajian ilmu saja.
Salah satu bidang ilmu yang terkait dengan transporatsi adalah  Persoalan keterjangkauan akibat jarak yang jauh sehingga tidak dapatmelakukan kegiatan ekonomi secara maksimal tidak berlaku di Negara maju, halini karena perkembangan transportasi mereka yang unggul sehingga terkadang transportasi bukanlah menjadi isu utama menurunnya mobilitas di Negara maju.

Sedangkan belum berkembang seperti hal nya Indonesia, ditandai oleh factor mobilitas yang masih rendah terutama dipengaruhi oleh distribusi angkutan yang belum lancar.Sumber daya alam yang dimiliki suatu negara tidak memiliki arti apa-apa jika tetap berada ditempatnya tanpa disentuh oleh campur tangan manusia yang ahli  untuk  memanfaatkannya. Agar  sumber  daya  tersebut  berdaya guna  maka diperlukan kerja keras untuk mengolah sumber daya tersebut dengan bantuan sumber daya manusia.

Dapat di ambil contoh misalnya Negara jepang adalah Negara yangdapat dikatakan  tidak  banyak memiliki sumber daya alam, namun biasa dilihat Negara jepang adalah Negara maju dengan kemandirian ekonomi, penyediaan jasa transportasi yang tinggi, serta kemajuan teknoloi yang terus berkembang pesat. Jika disoroti lebih lanjut mengapa Negara jepang ini dapat berkembangmenjadi Negara maju adalah karena Jepang memiliki sumberdaya manusia yang mengabdikan  keahliannya  dengan  sungguh-sungguh  untuk  bekerja  keras.

Kekurangan sumberdaya alam yang diisi degnan kemampuan sumber daya manusia akan menghasilkan perpaduan daya cipta (produk. Bahan yang tidakdimiliki oleh jepang dilakukan import dari Negara lain, selanjutnya diolah, laludipasarkan, dan keberuntungannya adalah produk Negara jepang selalu laris dipasaran. Kegiatan mengimport, mengolah dan memasarkan produk yangdilakukan Negara jepang bisa berjalan jika memiliki sistem pengangkutan yang baik.
Sistem pengangkutan tersebut dapat menjamin keamaan, kecepatan,keselamatan  serta  terjangkau oleh daya beli masyarakat, hal ini dapat dianalaogikan seperti hal nya transportasi. Harapannya transportasi yang ada di Indonesia saat ini bisa seperti system  pengangkutan di Negara jepang

2 komentar:

  1. Tulisannya bisa di ganti warnanya ngak,jadi kurang jelas...(makasih)

    BalasHapus
  2. Makasih yaaaaa, bermanfaat sekali👍👍teruskan brooo

    BalasHapus